Headline Iqra

Vaksinasi Covid-19 Lengkap Jadi Syarat Ibadah Haji 2023

Rencana Perjalanan Haji 2023

EDUVUL.COM- Pemerintah Arab Saudi mewajibkan seluruh calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah tahun ini telah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap sebanyak dua kali.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro mengatakan vaksinasi lengkap Covid-19 merupakan ketentuan yang ditetapkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Selain itu, jemaah haji juga wajib medapatkan vaksin meningitis.

“Dianjurkan juga untuk memperoleh vaksin influenza namun yang terakhir ini sifatnya masih opsional,” ujar Liliek dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR, Kamis (26/1/2023) lalu.

Baca Juga: Menag Yaqut: KPK Ingatkan Agar Keuangan Haji Dipakai dengan Baik

Selain vaksinasi, seperti dilansir Saudi Gazette, Kamis (12/1/2023), Arab Saudi juga menetapkan persyaratan kesehatan lainnya seperti jamaah haji tidak boleh menderita penyakit kronis akut atau penyakit menular apa pun.

Terkait pembiayaan yang timbul dengan kewajiban vaksinasi menurut Liliek, akan diperhitungkan dengan jumlah jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini, yakni sebanyak 221.000 jemaah, yang terdiri dari 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus, serta jumlah petugas haji sebanyak 4.200 orang.

“Inilah yang menjadi cakupan unsur variabel dari biaya-biaya yang terjadi dalam penyelenggaraan kesehatan haji,” ujar Liliek.

Terkait vaksin meningitis, Puskes Haji sedang melakukan pengadaan kembali untuk jemaah reguler dan petugas haji. Pasalnya stok terakhir digunakan untuk keperluan jemaah umrah.

“Stok vaksin meningitis untuk jemaah haji memang sudah habis karena kemarin stok terakhirnya kita manfaatkan untuk melayani jemaah umrah dan sekarang sedang dalam proses pengadaan untuk persiapan jemaah haji yang berangkat tahun ini,” kata Liliek.

Adapun Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah sebelumnya telah mengumumkan Kerajaan akan menghapus semua persyaratan usia untuk jamaah.

Hal ini dikemukakan Al-Rabiah dalam sambutannya pada upacara pembukaan Expo Haji, konferensi dan pameran layanan Haji dan Umrah yang diadakan di Jeddah dari 9-12 Januari 2023.

“Mulai musim haji tahun ini kami akan mengizinkan misi haji dari seluruh dunia untuk menyediakan layanan di Kerajaan. Bersama dengan mitra kami, kami meluncurkan platform NUSK untuk memfasilitasi prosedur dan memperkaya pengalaman jamaah,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *