Pustaka

Teknik Passing Atas dalam Permainan Bola Voli, Mudah Banget

EDUVUL.COM- Bola voli adalah salah satu cabang olahraga beregu yang dimainkan dua grup berlawanan dengan masing-masing beranggotakan enam pemain.

Jenis olahraga yang satu ini berada di bawah naungan FIVB (Federation Internationale de Volleyball), sementara di Indonesia olahraga bola voli dinaungi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Indonesia sendiri memiliki kompetisi bola voli profesional yang disebut Proliga. Proliga pertama kali digelar PBVSI pada 2002 lalu.

Baca juga: Guru Madrasah Non-PNS Dapat Tunjangan Rp 250 Ribu Per Bulan, Caranya?

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Mudah dan Menarik, Cepat Lolos Rekrutmen

Selain bola voli yang biasa kita saksikan, ada pula olahraga bola voli pantai yang dimainkan oleh dua tim dengan anggota masing-masing dua orang.

Untuk memenangkan permainan selain taktik dan strategi yang mumpuni setiap atlet wajib menguasai tiga teknik dasar yang menjadi kunci permainan bola voli.

Ketiga teknik ini adalah service, passing, dan smash. Passing merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada teknik mengumpan bola kepada teman setim.

Hal ini umumnya dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan serangan kepada tim lawan. Passing dalam bola voli sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni passing atas dan passing bawah.

Artikel ini akan secara khusus membahas tentang teknik melakukan passing atas dalam permainan bola voli. Dikutip dari Modul PJOK Kelas XI yang disusun oleh Mohamad Yudha Arsianto, berikut ulasan selengkapnya.

 

Cara Melakukan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli

Untuk melakukan passing atas yang berhasil, ada 3 tahapan utama yang perlu dipahami. Tahap-tahap ini terdiri dari persiapan, gerakan dasar, dan gerakan akhir. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Persiapan Passing Atas

  1. Sebelum melakukan passing atas, berdirilah dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu. Jangan terlalu lebar sebab nanti dapat menyulitkan gerakan Anda
  2. Sedikit rendahkan kedua lutut ke bawah
  3. Posisikan badan senyaman mungkin hingga berat badan terasa bertumpu pada ujung kaki bagian depan


Gerakan Dasar Passing Atas

  1. Dorong kedua lengan ke depan untuk menyambut arah datangnya bola
  2. Secara bersamaan, angkat kedua lutut, pinggul, dan tumit untuk meluweskan gerakan
  3. Pastikan arah datangnya bola berada di tengah atas wajah Anda
  4. Tepatkan sentuhan bola hingga mengenai ruas-ruas jari tangan


Gerakan Akhir Passing Atas

  1. Pinggul dan lutut naik seiring Anda melakukan passing atas
  2. Kedua lengan dalam posisi lurus
  3. Pandangan tetap ke arah bola

Walau ada tiga tahapan, Anda tidak perlu terlalu kaku dalam mengaplikasikannya selama permainan.

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Passing Atas

Meski ada teknik dan panduan khusus untuk melakukan passing atas, bukan tidak mungkin bahwa Anda bisa melakukan kesalahan dalam mempraktikkannya. Pemula dalam bola voli, utamanya, secara tak sadar seringkali melakukan kesalahan ini. Simak penjelasannya.

  1. Posisi persentuhan bola dan kedua tangan yang kurang tepat. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan passing atas, posisikan hingga tubuh lurus dengan arah datangnya bola. Bergeraklah ke kiri dan ke kanan dengan tangkas untuk menyesuaikan.
  2. Posisi tangan tidak berada di depan muka dan di atas kening. Jaga konsentrasi Anda untuk memprediksi kecepatan dan arah datangnya bola, agar passing atas bisa dilakukan dengan mulus.
  3. Hindari posisi tubuh yang terlalu kaku, karena justru menyulitkan pergerakan Anda sendiri. Tubuh Anda harus tetap rileks dengan lutut yang siap mengeper untuk sewaktu-waktu menyambut datangnya bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *