Iqra

Surat Al Ikhlas Ayat 1-4, Kewajiban Muslim Berserah pada Allah SWT

EDUVUL.ID- Surat Al Ikhlas adalah salah satu surat yang banyak memiliki keutamaan dan termasuk ke dalam surat Makiyyah.

Dalam buku Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, kandungan surat Al Ikhlas menjelaskan tentang tauhi syari’lah yang artinya meng-esakan Allah) dan keharusan seorang muslim hanya menggantungkan hidupnya kepada Allah serta tidak pernah mengharapkan apapun kecuali hanya kepada Allah.

Membaca surat Al Ikhlas juga akan mendapat pahala yang berlipat. Masih dalam sumber buku yang sama, Al Ikhlas disetarakan oleh Allah dengan sepertiga Al-Qur’an sehingga siapa saja yang membacanya seperti ia membaca sepertiga dari Al-Qur’an.

Dari Abu Darda r.a, Rasulullah SAW bertanya:

عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِى لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ ». قَالُوا ووَكَيْفَ يَقْرَأُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالَ « (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) يَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ Artinya: Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Quran dalam semalam?” Mereka mengatakan, “Bagaimana kami bisa membaca seperti Al-Quran?”, Lalu Nabi SAW bersabda, “Qul Huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al-Quran.” (HR. Muslim No. 1992)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *