Headline Kuliah

SNBP 2023: Indeks Sekolah Masuk Kategori Informasi Rahasia PTN

EDUVUL.COM Eduvulian tahu nggak untuk lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2023 indeks sekolah merupakan salah satu faktor penentu selain nilai rapor siswa. Ternyata indeks ini masuk informasi rahasia loh.. Mengapa begitu?

Sebagai informasi, Indeks sekolah adalah gambaran dari kualitas sekolah yang dibuat oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN). 

Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Budi P Widyobroto mengatakan untuk seleksi di jalur SNBP itu pada prinsipnya ada dua faktor besar yang memengaruhi. 

Pertama itu kualitas sekolah, yang digambarkan, dihitung, menjadi indeks sekolah. Kemudian faktor berikutnya adalah nilai yang ada pada rapor masing-masing siswa.

Baca juga: Apa Itu Jalur SNBP-Peminatan ITB 2023? Ini Prodi dan Cara Daftarnya

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi Dibuka, Cek Syarat dan Jadwalnya!

“Indeks sekolah itu membuat perguruan tinggi akan melihat sekolah dengan cara yang beda, menilai berbeda,”ujar Budi dalam Sosialisasi Pendaftaran SNBP 2023 di kanal YouTube SNPMB BPPP, dikutip Kamis (16/2/2023).

Bagaimana Menghitung Indeks Sekolah? 

Guru besar Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menjelaskan, indeks sekolah dapat dihitung dari rekam jejak siswa dari masing-masing sekolah di sebuah PTN.  

Dimulai dari pendaftaran dan penerimaan siswa asal suatu sekolah pada PTN terkait via jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri tahun-tahun sebelumnya, serta prestasi siswa tersebut setelah berkuliah di sana.

“Perguruan tinggi melihat SLTA dengan cara berbeda. Contoh, di ITB, SMA favorit di Bandung bisa punya indeks sekolah tinggi,” ujar Budi.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Tanpa Syarat Tinggi Badan, Kuliah Gratis Lulus Jadi PNS

Mengapa demikian? “Karena indeks sekolah itu dihitung dari–misalkan yang mendaftar SNMPTN berapa, yang diterima berapa, yang mendaftar SBMPTN berapa, yang diterima berapa, mandiri juga seperti itu,” katanya. 

Ia menyambung,“Lalu prestasi setelah di perguruan tinggi di ITB seperti apa, sehingga betul-betul prestasi historik dari sekolah. Dan itu hak PTN. Jadi, indeks sekolah itu yang memberi. Yang menghitung, yang menentukan, adalah perguruan tinggi masing-masing.” 

Budi mengatakan, tidak ada standar baku akan indeks sekolah di PTN. Kendati demikian, indeks sekolah dapat menjadi faktor koreksi dalam proses seleksi siswa.

“Jadi, SLTA itu punya prestasi historik seperti apa, kemudian baru nilai. Nggak standar itu, ada yang tinggi dan ada yang rendah. Tetapi, kalau (nilai siswa) sudah dikoreksi dengan indeks sekolah, maka nilai akhirnya yang (indeks sekolahnya) bagus (bisa) bagus begitu ya,” tuturnya.

Budi menyatakan indeks sekolah umumnya tidak dipublikasi PTN dan masuk dalam kategori informasi yang dirahasiakan masing-masing PTN.

“Agak sulit melihat indeks sekolah dari masing-masing PTN. Kami mohon maaf karena ada informasi yang sifatnya dikecualikan, artinya boleh tidak dipublikasikan dan harus dibuktikan. Indeks sekolah ini termasuk yang dirahasiakan di masing-masing PTN,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *