Kuliah

Skema Terbaru UTBK SNBT 2023, Camaba Jangan Keliru Ya

Ilustrasi jam belajar

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) telah berganti jadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Meski keduanya berbasis Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), ada skema baru pada SNBT 2023.

Perubahan skema Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana Pada PTN. Dalam aturan tersebut, juga terdapat perubahan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kini berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Mirip dengan SNMPTN, SNBP akan dilaksanakan lebih dahulu sebelum SNBT. Kini SNBP memasuki tahap pembuatan akun SNPMB. Nantinya, akun ini juga akan dipakai dalam pendaftaran SNBT.

Meski baru akan berlangsung bulan Mei mendatang, ada baiknya siswa mengetahui skema terbaru UTBK SNBT 2023. Simak berikut ini.

Skema Terbaru UTBK SNBT 2023

1. Pemilihan Jurusan

Pada SBMPTN sebelumnya, siswa hanya bisa memilih jurusan kuliah sesuai dengan jurusan di SMA dan sederajat. Di SNBT 2023 nanti, siswa dibebaskan memilih jurusan.

Sebagai contoh, siswa IPS dan Bahasa bisa memilih prodi di PTN yang selama ini dikenal sebagai prodi sains dan teknologi seperti Teknik Sipil dan Pendidikan Kedokteran dengan prinsip Merdeka Bertanggung Jawab atas pilihannya.

2. Ketentuan Universitas

Tak hanya jurusan, terdapat ketentuan terbaru dalam memilih universitas di SNBT 2023. Selain Perguruan Tinggi Akademik maupun Keagamaan, Perguruan Tinggi Vokasi juga turut berpartisipasi dalam SNBT.

Nantinya, peserta bisa memilih ingin mendaftar ke prodi D3, D4, maupun S1 sekaligus.

3. Materi Seleksi UTBK SNBT

Terakhir, SNBT tidak lagi menguji Tes Kemampuan Akademik (TKA) peserta, baik rumpun Saintek maupun Soshum. Materi tes SNBT akan berfokus pada tes skolastik yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

PTN juga diperbolehkan menambah syarat portofolio untuk Jurusan Seni dan Olahraga. Namun, pihak PTN tetap harus mengajukan penambahan persyaratan kepada Kementerian.

Biaya UTBK SNBT 2023

Biaya UTBK SNBT sama seperti SBMPTN yakni Rp 200 ribu. Peserta SNBT 2023 dari keluarga kurang mampu juga dapat mengajukan KIP Kuliah untuk mengikuti seleksi secara gratis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *