Headline Kuliah

SIMAK UI 2023: Daya Tampung, Keketatan dan Materi Ujian

EDUVUL.COM Ingin masuk Universitas Indonesia (UI) tapi masih waswas gagal di UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT? Tenang EDUVULIAN, kampus ini masih menyediakan jalur Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI.

SIMAK UI adalah jalur seleksi tertulis mandiri yang diselenggarakan oleh salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini.

Dikutip dari akun resminya, pendaftaran SIMAK UI 2023 untuk S1 reguler dan Vokasi baru dibuka Juni-Juli mendatang. Waktu ujian dan pengumuman pada bulan Juli.

Hanya saja, hingga Jumat (12/5/2023) pihak UI belum mengeluarkan tanggal pelaksanaan.

Baca juga: Kenapa Banyak Orang Indonesia Makan Nasi? Begini Kata Antropolog UI

Baca juga: Beasiswa S1-S3 dari Kemendikbudristek untuk Pelaku Budaya, Ini Persyaratannya

Daya Tampung SIMAK UI 2023

Tahun 2023 untuk program sarjana UI menerima total 7.228 mahasiswa baru dengan rincian SNBP (1.719), SNBT (2.576), PPKB/TS (1.466). Daya tampung SIMAK UI 2023 untuk program sarjana sebanyak 1.467 mahasiswa 

Sementara program Vokasi (D3 dan D4) menerima 1.500 mahasiswa baru. Khusus untuk jalur SIMAK UI akan diterima 336 mahasiswa vokasi.

Biaya pendaftaran SIMAK UI 2023 untuk S1 dan Vokasi seperti dikutip dari akun resmi akan diinfokan kemudian. Dalam satu formulir pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus. 

Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya atau prodi kelompok IPS seluruhnya atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI Dr. Gunawan, S.T., M.T mengungkapkan data rerata persentase keketatan SIMAK UI pada tahun sebelumnya adalah 2,89 persen. 

“Artinya 1 banding 30, satu kursi diperebutkan 30 peserta. Tapi data ini belum menggambarkan keketatan per prodi,” ujar doktor bidang teknik mesin dari Hiroshima University, Jepang itu saat sosialisasi beberapa waktu lalu.

Materi Ujian SIMAK UI

Materi ujian SIMAK UI 2023 tak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Ada 3 kategori yakni rumpun IPA, IPS, dan IPC.

Rumpun IPA dengan materi ujian kemampuan dasar yang meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selain itu ada juga kemampuan IPA yang terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

Rumpun IPS materi ujian terdiri dari kemampuan dasar dan kemampuan IPS. Kemampuan IPS meliputi Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi. Adapun IPC materi ujian kemampuan dasar, kemampuan IPA dan IPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *