Gawe Headline

Seleksi CPNS 2023 Bakal Dibuka Juni, Siap-siap Gaes

EDUVUL.COM- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menargetkan membuka kembali seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dalam hal ini seleksi CPNS 2023 dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di Juni 2023 mendatang.

Adapun proses seleksi PPPK 2022 yang belum tuntas akan digelar pararel dengan seleksi CASN. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan, kalender seleksi telah selesai disusun dan ditargetkan bulan April 2023 formasi mulai ditetapkan.

“Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober, sekarang kuartal 2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan kuartal 3 baru kita sudah mulai eksekusi,” ujar Alex yang ditemui wartawan, Jumat (26/1/2023) lalu.

Hanya saja Alex menolak untuk menjawab saat ditanyakan jumlah formasi yang akan dibuka. Ia lantas menyebutkan jumlah formasi akan lebih banyak dibandingkan dengan yang dibuka tahun sebelumnya.

“Insyaallah April kita bungkus (jumlah formasi). Clue-nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK (tenaga kerja honorer) 2, Non ASN dan lain-lain,” ujarnya.

Sebelumya Alex menyampaikan seleksi PPPK dan CPNS 2023 akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah itu akan berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.

“Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas,” ujar Alex.

Saat memberi sambutan dalam penutupan ASN Culture Fest 2023 beberapa waktu lalu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan para ASN mendapatkan fix income atau gaji tetap. Sehingga ASN tak perlu khawatir akan gejolak perekonomian global.

“Yang pasti adalah ASN honornya tetap. Iya honornya tetap, apakah negara ini sedang bangkrut, dunia ekonomi sedang melambat, kita ini fix income,” kata Anas.

Hal ini pula yang membuat seleksi CPNS 2023 dan PPPK menjadi incaran para pencari kerja. Sudah siap bersaing mendapatkan posisi sebagai ASN di berbagai lembaga pemerintahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *