Pustaka

Rumah Adat Maluku: Nama dan Bentuk Arsitektur

Suasana ruangan ICU RS

EDUVUL.COM- Rumah adat Maluku dinamakan dengan rumah Baileo. Rumah Baileo sendiri merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu. Bentuknya persegi serta ada beranda. Kemudian dindingnya terbuat dari tangkai rumbia yang biasa disebut dengan gaba-gaba.

Umumnya, rumah Baileo digunakan sebagai tempat musyawarah masyarakat dan pemuka adat serta digunakan sebagai tempat upacara adat yang disebut seniri negeri. Hal ini dikutip dari buku Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional yang diterbitkan oleh Penerbit Cif.

Mengutip sumber lain dalam Jurnal Kapata Arkeologi Volume 11 yang ditulis oleh Maryln Salhuteru, rumah Baileo ini merupakan hasil dari budaya masyarakat maluku yang berupa arsitektur. Karena pendirian rumah Baileo ini diatur berdasarkan aturan yang dianut oleh budaya maluku seperti pemilihan lokasi, pemilihan bahan, bentuk arsitekturnya, hingga ornamen yang menghiasinya.

Bentuk arsitektur rumah Baileo

Masih mengutip referensi jurnal di atas, bentuk dari rumah Baileo umumnya adalah rumah panggung atau rumah berkolong. Konstruksi bangunannya sendiri yaitu:

–          Bagian tangga dan dinding rumah yang terbuat dari kayu.

–          Lantai rumah yang terbuat dari papan.

–          Atap rumah yang terbuat dari daun rumbia atau daun sagu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *