Headline Pustaka

PPDB SMA Unggulan MH Thamrin: Kuota dan Tahapan Seleksi

EDUVUL.COM- SMA Unggulan MH Thamrin Jakarta membuka pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2023/2024 melalui jalur berprestasi, afirmasi, dan umum mulai 27 Februari hingga 2 Maret 2023. Para peserta jalur afirmasi dan umum akan menjalani tes akademik dengan mata pelajaran matematika, IPA, dan bahasa Inggris untuk memastikan kemampuan akademis mereka.

Jalur berprestasi SMAN Unggulan MH Thamrin 2023 tidak memerlukan tes akademik. Namun, apabila jumlah pendaftar melebihi kuota yang ditentukan, para pendaftar akan menjalani seleksi awal berdasarkan perolehan medali dan prestasi mereka dalam berbagai olimpiade.

SMA Unggulan MH Thamrin memiliki reputasi yang baik dalam bidang pendidikan dan menawarkan banyak peluang bagi para siswa untuk berkembang dan berprestasi. Oleh karena itu, pendaftaran PPDB ini merupakan kesempatan emas bagi para siswa untuk memasuki sekolah yang berkualitas dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Baca Juga: Apa Itu Jalur SNBP-Peminatan ITB 2023? Ini Prodi dan Cara Daftarnya

Baca Juga: Tes IPDN Apa Saja? Mulai dari Kesehatan, Logika hingga Ketahanan Fisik

Untuk memastikan keberhasilan dalam pendaftaran, para pendaftar harus memastikan bahwa mereka memenuhi syarat dan mempersiapkan diri dengan baik. Ini termasuk memastikan bahwa aplikasi mereka lengkap dan sesuai dengan persyaratan, serta mempersiapkan diri untuk tes akademik jika mereka mendaftar melalui jalur afirmasi atau umum.

Dikutip dari Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. e-0014 Tahun 2023, berikut tahapan seleksi PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin.

Daya tampung kelas X sebanyak 88 peserta didik terdiri dari 44 putra dan 44 putri. Rasio kelas sebanyak 22 siswa dengan rombongan belajar sebanyak 4 kelas.

Tahapan Seleksi PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin 2023 Jalur Berprestasi

  • Jika melebihi kuota pendaftar, peserta diseleksi dengan tahapan berikut:
    a. Peringkat sesuai perolehan jenis medali dan tingkat olimpiade
    b. Jika poin a sama, dilakukan seleksi berdasarkan nilai rata-rata rapor semester 1-5
    c. Jika poin b sama, diutamakan nilai rata-rata rapor dengan urutan mata pelajaran matematika, IPA, dan bahasa Inggris
  • Psikotes daring atau luring: 25 Maret 2023.
  • Wawancara daring atau luring: 1 April 2023.
  • Jika tersisa, kuota daya tampung jalur ini dapat dilimpahkan ke Jalur Umum. Peserta yang belum lolos di Jalur Berprestasi juga bisa ikut seleksi Jalur Umum PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin.
Alur Pendaftaran PPDB SMAN MH Thamrin

Tahapan Seleksi PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin 2023 Jalur Afirmasi dan Umum

  • Seleksi administrasi
  • Tes Akademik (TA) mata pelajaran matematika, IPA, dan bahasa Inggris bagi yang lulus seleksi administrasi: 9 Maret 2023.
  • Psikotes daring atau luring bagi yang sudah lulus seleksi Tes Akademik: 25 Maret 2023.
  • Wawancara daring atau luring bagi yang sudah lulus seleksi Tes Akademik: 1 April 2023.
  • Jika rata-rata sama TA, diprioritaskan CPDB yang nilainya lebih tinggi dengan urutan matematika, IPA, dan bahasa Inggris. Jika masih sama, maka diprioritaskan yang usianya lebih tua.
  • Hasil seleksi TA Jalur Afirmasi menjaring 75 siswa putra dan 75 siswa putri untuk lanjut ke tahap psikotes dan wawancara. Jika tidak terpenuhi, kuota dapat dialihkan ke putra atau ke putri dengan total kuota 150 siswa.
  • Sementara itu, hasil seleksi TA Jalur Umum menjaring minimal 142 sisa dari nilai tertinggi, terdiri dari 71 putra dan 71 putri, untuk lanjut ke tahap psikotes dan wawancara. Jika tidak terpenuhi, kuota dapat dialihkan ke putra atau ke putri.

Siswa yang diterima dalam PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin akan diumumkan pada 17 April 2023.

Dengan melakukan pendaftaran melalui PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin 2023, para siswa akan memiliki kesempatan untuk berkembang dan memperoleh pendidikan yang berkualitas. Jangan lewatkan kesempatan ini dan ayo mendaftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *