Headline Pustaka

PPDB Kota Bekasi 2023 SD dan SMP: Jadwal dan Dokumen Persyaratan

EDUVUL.COM Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat telah mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Kota Bekasi 2023 untuk jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Rapat sosialisasi dan teknis PPDB telah digelar Kamis 11 Mei 2023 yang dihadiri kepala sekolah, Kepala Unit Pelayanan Pendidikan (UPP), operator sekolah dan UPP.

Sosialisasi diberikan oleh Sekretaris PPDB Kota Bekasi 2023 Marwah Zaitun yang juga Kepala Bidang PTK Disdis Kota Bekasi. Marwah Zaitun didampingi Kepala Bidang SD, Kepala Seksi Peserta Didik SMP dan Kepala Seksi Sarpras SMP.

Baca juga: Yuk Ketemu Tayo dan Lani di Mal Ciputra Cibubur

Baca juga: Anak Usia di Bawah 6 Tahun Bisa Ikut PPDB SD, Asal…

“Untuk memudahkan sosialisasi yang akan dilakukan kepada masyarakat umum di sekitar sekolah yang akan mendaftarkan anak-anak,” ujar Plh Dinas Pendidikan Kota Bekasi Drs Deded Kusmayadi dikutip EDUVUL dari akun resmi Disdik Bekasi.

Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan prestasi.

PPDB dilakukan berdasarkan objektif, transparan, dan akuntabel. Proses ini dilakukan tanpa diskriminasi kecuali bagi sekolah yang secara khusus melayani calon peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Jadwal PPDB Kota Bekasi 2023

  • 15-19 Mei 2023: Calon peserta didik mendapatkan informasi PPDB Online melalui sekolah dan media sosial resmi Disdik Kota Bekasi
  • 22 Mei-23 Juni 2023: Pra pendaftaran. Calon peserta didik upload berkas di https://ppdb.bekasikota.go.id
  • 22 Mei-23 Juni 2023: Proses verifikasi berkas oleh dinas pendidikan. Hasilnya dapat dilihat pada situs PPDB Kota Bekasi. 
  • 26-28 Juni dan 3-5 Juli 2023: Pendaftaran tahap 1 untuk jalur khusus seperti prestasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua. Tahap 2 untuk jalur zonasi.

Dokumen Persyaratan

Syarat Umum:

  • Akta Kelahiran/Surat Tanda Kenal Lahir
  • Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili (minimal 6 bulan)
  • Nilai Asesmen Sumatif
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari orang tua/wali

Syarat khusus:

  • Surat/kartu keterangan program penanganan kemiskinan/Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS)/non-DTKS/KPM BPNT/Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), SKTM dari Dinas Sosial Kota Bekasi
  • Surat keterangan domisil dari kecamatan bagi korban bencana alam/sossial
  • surat perpindahan tugas orang tua
  • Piagam sertifikat atau dokumentasi prestasi untuk jalur prestasi

PPDB Kota Bekasi 2023 juga dibuka buat calon peserta didik yang bertempat tinggal di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi.

Misalnya Kabupaten Bekasi (kecamatan Tambun, Setu, Tarumajaya dan babelan), Kabupaten Bogor (Kecamatan Cilengsi, Gunung putri), Kota Depok (Kecamatan Cimanggis, Tapos) dan Jakarta Timur (Kecamatan Cakung, Pondok Ranggon, Cipayung dan Duren Sawit).

Hanya saja dari pengalaman tahun sebelumnya kuota untuk siswa dari daerah ini hanya dibuka terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *