Headline Kuliah

Perkenalkan Christian, Ilmuwan Muda Asal Indonesia di Penelitian Foto Black Hole

EDUVUL.COM- Fenomena black hole merupakan salah satu misteri luar angkasa terbesar dalam ilmu pengetahuan yang terus dipelajari oleh ilmuwan di seluruh dunia. Pada tahun 2019, ilmuwan dari berbagai belahan dunia menghadirkan foto pertama black hole melalui proyek Event Horizon Telescope (EHT). Proyek penting tersebut ternyata melibatkan ilmuwan asal Indonesia, Dr. Pierre Christian.

Dr. Christian merupakan alumni dari Binus School Simprug angkatan 2008 yang melanjutkan pendidikannya di University of California, Berkeley jurusan Astrophysics dan Physics, dan Harvard University bidang Theoretical Astrophysics untuk gelar master dan doktor. Saat ini, Dr. Christian adalah seorang asisten professor Fisika di Fairfield University, Amerika Serikat. 

Pada pertengahan Agustus 2023, Dr. Christian pulang kembali ke sekolahnya di Indonesia untuk memberikan kelas terkait black hole di hadapan siswa-siswi Binus School Simprug. Tidak hanya memberikan pemaparan tentang black hole dan proyek EHT, Dr. Christian juga menceritakan sedikit kenangannya selama bersekolah di Binus School Simprug. 

Baca juga: Alumnus SMA Unggul Del Dibimbing 3 Profesor AS, LBP: Hebat Kali Anak Ini!

Baca juga: Cek Formasi CPNS 2023 Kejaksaan RI Lulusan SMA, Posisi Apa Saja?

Dr. Christian banyak bekerja membuat algoritma untuk menganalisis data EHT dan menggunakan keahliannya untuk membandingkan teori lubang hitam dengan hasil EHT untuk melakukan pengujian teori gravitasi. Dr Christian adalah salah satu dari empat penulis utama studi yang baru-baru ini diterbitkan tentang teori gravitasi  terkait dengan proyek EHT.

“EHT adalah proyek kolaborasi ilmuwan di seluruh dunia, dan tujuan kami adalah mengambil gambar dari black hole dan menganalisisnya. Saya banyak menganalisis data dan teori dari proyek itu,” ungkap Dr. Christian seusai memberikan kelas. 

Sepanjang pemaparannya, siswa-siswi Binus School Simprug tampak serius menyimak dan antusias mengikuti penjelasan tentang bagaimana black hole berhasil difoto untuk pertama kalinya sekaligus menjawab banyak pertanyaan tentang bagaimana bentuk asli dari black hole.

Kepala Subjek Sains tingkat SMA, Marilyn E. Tinamisan, menerangkan bahwa penelitian black holeh yang telah dilakukan oleh Dr. Christian juga menjadi salah satu topik pembelajaran Fisika di Binus School Simprug. Oleh karenanya, ini merupakan kesempatan langka mendapatkan pembelajaran langsung dari ilmuwan yang terlibat.

“Topiknya tentang lubang hitam, seperti cara mengambil foto lubang hitam. Ini seperti proyek kolaborasi yang dilakukan oleh berbagai ilmuwan di seluruh dunia, dan dia terlibat dalam proyek tersebut. Jadi audiensnya adalah siswa Fisika kelas 10, kelas 11, dan kelas 12 karena Astrofisika adalah salah satu topik yang kami bahas di Program Diploma dan siswa sangat tertarik mendengar tentang lubang hitam ini” tutur Marilyn.

Perjalanan Dr. Christian dari Binus School Simprug hingga ke Harvard dan menjadi professor di bidang Astrofisika menjadi bukti atas komitmen dari Binus School Education dalam membina setiap siswanya, serta memberikan pendidikan terbaik sesuai dengan minat dan bakat siswa, sehingga mampu memberikan dampak untuk masyarakat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *