Headline Kuliah

Perbedaan SIMAK UI 2023 dengan Tahun Sebelumnya, Termasuk Nilai UTBK

EDUVUL.COM- Panitia pelaksana Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2023 telah mempublikasikan jadwal pendaftaran salah satu jalur seleksi mandiri kampus yang berlokasi di Jakarta dan Depok, Jawa Barat itu.

Dikutip dari laman penerimaan UI, pendaftaran salah satu seleksi mandiri ini akan dibuka pada 6 Juni mendatang. Calon pendaftar diberi kesempatan untuk memasukkan berbagai syarat dalam waktu satu bulan hingga 6 Juli 2023.

Adapun pelaksanaan ujian akan digelar pada 9 Juli 2023. Sementara hasilnya akan dimumkan 21 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

Baca juga: UTUL UGM 2023:  Jadwal Pendaftaran, Materi Tes, dan Tanggal Ujian

Baca juga: 5 Tips Hindari Lowongan Kerja Palsu, Fresh Graduate Wajib Tahu

“RESMI! Seluruh jalur mandiri UI (PPKB & SIMAK UI) tetap membuka jalur seleksi S1 Reguler dengan pembebasan uang pangkal, dan biaya UKT sesuai kemampuan finansial mahasiswa mulai dari 0 rupiah/semester,” seperti dikutip dari akun twitter resmi SIMAK UI, Senin, 29 Mei 2023. 

Perbedaan SIMAK UI 2023 dengan 2022

Salah satu perbedaan SIMAK UI 2023 dengan tahun sebelumnya ada penggunaan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau PTN.

Tahun ini, nilai UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tidak dimasukkan sebagai salah satu syarat administrasi. Artinya para calon peserta yang tidak mengikuti UTBK SNBT 2023 tetap berhak mengikuti seleksi mandiri ini. 

Baca juga: 15 Contoh Soal SIMAK UI Topik Ekonomi untuk IPS dan IPC

Hal ini tentu saja berbeda dengan kondisi yang harus dihadapi calon peserta pada tahun-tahun sebelumnya.  “Pendaftar tanpa data / nilai UTBK, DIPERBOLEHKAN mendaftar SIMAK UI S1 Reguler, S1 non-Reguler, maupun D3/D4 Vokasi,” seperti yang dikutip dari akun twitter resmi SIMAK_UI.

Pendaftaran SIMAK UI 2023

Pendaftaran SIMAK UI mulai dibuka Selasa, 6 Juni dan akan berakhir pada 6 Juli. Jadi EDUVULIAN punya waktu kurang lebih satu bulan untuk memasukkan data-data administrasi. 

Cukup luang bukan waktu yang diberikan panitia seleksi SIMAK UI? Nah, adapun ujian akan digelar pada 9 Juli 2023. Sementara pengumuman hasil akan dilangsungkan pada 21 Juli 2023. 

Daya tampung SIMAK UI 2023 adalah 1.547 mahasiswa yang terbagi atas SIMAK reguler 524 dan SIMAK non-reguler 1.023 orang.

Untuk diketahui S1 Reguler dan  non-reguler hanyalah perbedaan jalur masuk, bukan perbedaan program pendidikan seperti S1 Reguler dan S1 Paralel tahun lalu. Tidak ada pembedaan dalam sistem akademik, perkuliahan, kelas, atau absensi. Informasi selengkapnya cek di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *