Headline Intermeso

Perbedaan Kodok dan Katak, Dari Kulit hingga Bentuk Tubuh

EDUVUL.COM- Kodok dan katak merupakan kelompok hewan amfibi yang masuk dalam ordo Caudata.  Lalu tahukah kamu perbedaan kodok dan katak?

Untuk diketahui keduanya saat ini memiliki 4.380 spesies dengan 29 famili tersebar ke seluruh dunia. Namun, di Indonesia hanya ada 7 famili yaitu Bufonidae, Ranidae, Dicroglossidae, Megophryidae, Rhacophoridae, Microhylidae, dan Bombinatoridae

Secara umum ciri-ciri kodok dan hewan adalah memiliki tubuh pendek dan kaku, kepala lebar dan besar. Pada sebagian besar spesies umumnya kaki depan jauh lebih kecil dibandung kaki belakang.

Baca juga: 10 Profesi Paling Diminati di Bidang Teknologi

Baca juga: Studi: Gajah Liar Bergerak Ikuti Aroma Kotoran dan Urine 

Kebanyakan spesies memiliki mata lebar menonjol dan gendang telinga mencolok. Ini mencerminkan pentingnya indera penglihatan dan pendengaran mereka.

Mulutnya lebar dan banyak spesies yang memiliki lidah lengket sehingga mereka dapat menjulurkannya dengan sangat cepat untuk menangkap mangsa

Betina biasanya lebih besar daripada jantan. Namun, jantan dari banyak spesies memiliki kaki depan lebih kekar dan berotot. Ini memungkinkan jantan mencengkeram betina dengan kuat saat kawin.

Kodok dan katak memiliki 4 jari kaki di kaki depan dan 5 jari kaki di kaki belakang. Pada banyak spesies, khususnya yang banyak hidup di air, ada selaput di antara jari-jarinya.

Perbedaan Kodok dan Katak

Tidak ada perbedaan yang cukup signifikn antara kodok dan katak. Keduanya memang satu jenis. Hanya saja bentuk dan tekstur tubuhnya saja yang berbeda.

Istilah katak dan kodok juga merupakan istilah yang tidak formal. Bahkan Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak membedakan keduanya. 

Perbedaan kodok dan katak dapat terlihat dari:

  • Kulit

Pada umumnya, istilah katak diberikan pada spesies yang mempunyai tekstur kulit halus dan lembab. Kulitnya bahkan sangat tipis dan cenderung licin sehingga organ dalamnya dapat terlihat dari luar.

Sedangkan kodok adalah istilah untuk spesies yang mempunyai kulit sedikit kasar dan keras. Kodok biasanya memiliki kulit kering yang tertutup bintil serta ada duri kecil di beberapa spesies.

  • Bentuk Tubuh 

Istilah kodok sering digunakan terhadap anggota famili Bufonidae tetapi juga digunakan lebih luas untuk menyebut setiap spesies darat dengan tubuh lebar dan besar.

Adapun penyebutan katak merupakan istilah bagi spesies yang dekat dengan famili Ranidae, Microhylidae dan Racophoridae, cirinya memiliki tubuh lebih langsing. 

  • Kemampuan melompat

Perbedaan kodok dan katak juga bisa terlihat dari kemampuan melompat. Karena badan yang lebar dan besar, kodok merupakan amfibi yang bergerak lamban.

Adapun katak dengan tubuh langsing dan mempunyai kaki lebih panjang, sehingga dapat melompat lebih jauh.

1 Comment

  • Kyn 08/08/2023

    Klo perbedaan alligator dan crocodile apa min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *