Headline Kuliah

Ortu Bisa Awasi Progres Pengisian PDSS, Sekolah Jangan Lalai!

pengisian pdss

EDUVUL.COM– Orang tua siswa kini bisa memantau sekolah dalam pengisian PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.  Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menyiapkan fitur dalam https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk melakukan pengecekan.

PDSS adalah basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar dalam . Panitia SNPMB memberi waktu bagi sekolah sekitar 1 bulan mulai 9 Januari-9 Februari 2024 untuk melakukan pengisian PDSS.

Tahapan pengisian PDSS sangat krusial dalam pelaksanaan SNPMB karena diperlukan dalam  pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024 dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT 2024.

“Kita buat satu menu dalam web yaitu viewer monitoring pengisian PDSS. Tidak perlu ada login apapun. Masyarakat bisa cek,” ujar Panitia Pusat SNPMB, Bekti Cahyo Hidayanto dalam acara Sosialisasi SNPMB & Jalur Mandiri IPB University, Kamis (4/1/2024) di Bogor. 

Baca juga: Apa Itu PDSS?  Ini Fungsi dan Jadwal Pelaksanaannya

Baca juga: Cara Sanggah Kuota SNBP 2024 untuk Sekolah, Begini Mekanismenya

Karena itu menurut Bekti sekolah perlu hati-hati karena orang tua siswa kelas 12  bisa melihat perkembangan pengisian PDSS. Bagi orang tua yang ingin mengecek bisa memasukkan  Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan provinsi.

Bekti menerangkan setelah itu akan muncul status pengisian PDSS oleh sekolah yakni sudah punya akun atau sedang proses atau sudah selesai permanen.

“Nanti kalau ada sekolah yang mepet-mepet baru permanen bisa didemo orang tua. Karena orang tua bisa tahu. Wah ini belum  permanen.  Karena itu sekolah jangan lalai dan terlena. Karena ini kita akan buka datanya,” ujar dosen di Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Sebelumnya, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024 Ganefri mengungkapkan tahun lalu, lebih 1.200 sekolah tidak melengkapi data PDSS secara penuh. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, panitia terpaksa memberikan perpanjangan waktu.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) itu mengingatkan agar sekolah benar-benar menyelesaikan pengisian data. Ia menambahkan, kadang-kadang ada kepala sekolah yang tidak benar-benar memperhatikan proses tersebut. 

“Setelah ternyata anak-anaknya tidak bisa mendaftar di SNBP, baru mereka ribut-ribut, mengadu ke dinas pendidikan. Mereka sampaikan ‘kami sudah lengkap mendaftar, semuanya sudah kami isi.’ Padahal kami ada datanya,” tutur Ganefri.

Ganefri meminta pihak sekolah agar tidak terlambat mengunggah data di PDSS atau melaksanakan pengisian menjelang penutupan. “Jangan sampai sekolah nanti di hari-hari terakhir menit-menit terakhir baru upload dan kemudian teriak-teriak katanya enggak bisa masuk dan sebagainya,” ujarnya.

Kelalaian sekolah dalam melakukan pengisian PDSS akan merugikan peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SNBP 2024 dan SNBT 2024.

Tahapan Pengisian PDSS

Apa itu PDSS? Seperti disebutkan PDSS adalah basis data rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar dalam SNPMB.

Tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS: 

  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB. 
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah. 
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan. 
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”. 
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini. 
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”. 
  7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga. 
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat. 
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi. 
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan. 
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload. 
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan. 
  13. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat belum mengisi nilai atau finalisasi data nilai belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *