Headline Kuliah

Kisah Perjuangan Marchelin Putri Papua di Binus University

EDUVUL.COM- Pemudi yatim piatu asal Papua Marchelin Putri Kijne Wally dari jurusan manajemen berhasil menuntaskan pendidikan di Binus University.

Penerima Beasiswa Afirmasi ADIK Papua, lulus dengan pengalaman magang di dua perusahaan terkemuka di Indonesia, yaitu PT Freeport Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia.

Marchelin memiliki keyakinan penuh meraih pendidikan setingginya untuk merawat kedua adiknya, menggantikan peran orangtuanya yang telah meninggal serta membangun daerahnya.

“Wisuda ini saya persembahkan untuk kedua orangtua yang sedang menyaksikan di surga dan juga untuk kedua adik saya. Sangat bersyukur, dapat menyelesaikan kuliah yang saya jalani dengan pengalaman belajar yang luar biasa,” ungkap Marchelin dalam keterangan tertulis Binus University pada Eduvul yang dikutip Sabtu, (18/11/2023).

Baca juga: Perkenalkan Christian, Ilmuwan Muda Asal Indonesia di Penelitian Foto Black Hole

Baca juga: Alumnus SMA Unggul Del Dibimbing 3 Profesor AS, LBP: Hebat Kali Anak Ini!

Menurutnya, kenyamanan dan kemudahan proses belajar mengajar, dukungan fasilitas serba digital yang diberikan Binus University turut mendukung keberhasilannya menyelesaikan pendidikan tinggi.

“Begitu juga kesempatan magang pada dua perusahaan besar, menjadi bekal berharga bagi sayauntuk meraih cita-cita dan memberikan dampak bagi keluarga dan masyarakat”, ungkap Marchelin.

Cerita lain dari Putri Ayu, Wisudawati dari Magister Akuntansi BINUS Graduate Program yang kini menjabat sebagai Direktur salah satu perusahaan kelapa sawit. Dia sangat terkesan akan pengalaman belajar di BINUS yang menerapkan sistem blended learning yang menggabungkan perkuliahan secara luring maupun daring.

“Ilmu pengetahuan dan dunia terus berkembang, kita dituntut untuk terus beradaptasi yang menjadi salah satu motivasi utama dalam mengambil program magister. Update dengan wawasan terbaru di bidang akuntansi yang menjadi profesi saya, bahkan juga menambah jejaring baru dengan berbagai latar belakang”, ujar Putri.

Marchelin dan Putri Ayu merupakan beberapa penggambaran kisah perjuangan, kebahagiaan, dan tak jarang diwarnai oleh air mata yang menyertai perjalanan 6.334 Binusian yang diwisuda dalam acara Wisuda ke-68 Binus University yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), tanggal 18-20 November 2023 yang terbagi dalam 6 sif.

Rektor Binus University Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, mengungkapkan wisuda 68 BINUS ini merupakan perhelatan wisuda dengan jumlah lulusan terbanyak dengan jumlah 6.334 wisudawan dan wisudawati.

Dari jumlah wisudawan tersebut, 88,81% lulus tepat waktu dengan 91,94% lulusan memiliki IPK >3,00. IPK rata-rata lulusan adalah 3,48. Sebanyak 77% lulusan Sarjana telah bekerja dengan 23% di antaranya bekerja diperusahaan global, 28% bekerja di Perusahaan non-global/nasional teratas, 18% menjadi wirausahawan, 5% berkerja di Perusahaan startup, dan 3% melanjutkan studi.

“Sebuah kebanggaan, lulusan Binus University diharapkan akan berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia andal dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Hal ini juga merupakan bukti nyata Binus University sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia untuk dapat membina dan memberdayakan masyarakat dan membangun Nusantara,” ungkap Nelly.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *