Headline Kuliah

Jurusan STIS Sekolah Kedinasan BPS, Lulus Dapat Ikatan Dinas dan CPNS

EDUVUL.COM Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi atau sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Bagi yang minat daftar mau tahu apa saja jurusan STIS?

STIS merupakan salah satu sekolah kedinasan favorit bagi para alumni sekolah menengah atas. Soalnya begitu lulus dari kampus ini kamu bisa dapat ikatan dinas dan status calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Polstat STIS berdiri pada 11 Agustus 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS) berdasarkan keputusan Perdana Menteri Republik Indonesia, Ir. H. Djuanda. 

Saat didirikan kampus ini bertujuan mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional.

Baca juga: Prodi Terketat SNBP UI, Acuan Bagi Siswa yang Ambis Pakai ‘Jakun’

Baca juga: Beasiswa LPDP Tahap 1 2024 Dibuka, Mana Saja Kampus Tujuan?

Nama kampus ini beberapa kali berganti termasuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Kemudian setelah dibukanya sejumlah program studi baru pada 2016 terjadi perubahan status dan nama baru menjadi Politeknik Statistik STIS.

Polstat STIS resmi diluncurkan pada 28 Maret 2018. Kampus ini  merupakan perguruan tinggi vokasi, sehingga kurikulum yang diberlakukan lebih banyak muatan praktikum. Ada 3 prodi atau jurusan STIS yaitu D3 Statistika, D4 Statistika, D4 Komputasi Statistik

3 Prodi atau Jurusan STIS

Prodi D-3 Statistika

Program Studi D-III Statistika terakreditasi dengan peringkat Akreditasi Baik Sekali.

Dalam lingkup Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan Prodi D-III Statistika diproyeksikan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS. 

Koordinator Statistik Kecamatan adalah petugas fungsional pengumpul data statistik di lapangan dan mengkoordinasikan kegiatan statistik pada tingkat kecamatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPS Kabupaten/Kota.

Saat melaksanakan tugas dan fungsi, Koordinator Statistik Kecamatan juga wajib  memperhatikan petunjuk dan koordinasi dari camat setempat. 

Dalam perkembangannya, KSK juga dituntut mampu mengolah, menyajikan, mengkomunikasikan, dan mengelola kegiatan statistik di wilayah tugasnya, serta membuat laporan berupa analisis dari hasil pendataan.

Seluruh Lulusan Prodi D-III Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS. Setelah wisuda, lulusan segera diangkat sebagai CPNS Golongan II-c di lingkungan BPS dan akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia terutama di tingkat kabupaten/kota.

Prodi D-4 Statistika

Program Studi D-4 Statistika terakreditasi dengan peringkat Terakreditasi B. Ada 2 peminatan pada prodi ini yaitu Peminatan Statistika Ekonomi dan Peminatan Statistika Sosial dan Kependudukan.

Mahasiswa D4 Statistika berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga semua lulusannya diangkat menjadi CPNS di lingkungan BPS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS Provinsi maupun BPS Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. 

Lulusan langsung diusulkan proses pengangkatannya sebagai CPNS setelah mereka lulus.

Lulusan Prodi-D4 Statistika adalah tenaga siap pakai di bidang perencana survei/ sensus, pengolahan data hasil survei/ sensus, dan analisis statistik. 

Mereka merupakan ahli statistika yang mampu merancang kegiatan survei yang efisien di bidang ekonomi, sosial dan kependudukan dengan menerapkan metode sampling yang tepat untuk keperluan estimasi populasi.

Adapun ulusan dengan bidang peminatan statistika ekonomi memiliki keunggulan dalam menerapkan kaidah-kaidah statistika untuk melaksanakan kegiatan statistik (pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data statistik) untuk bidang statistik ekonomi.

Bidang statistik ekonomi meliputi statistik harga-harga, produk domestik (regional) bruto, produktivitas industri dan pertanian, dan sistem neraca secara integrasi dan komprehensif. 

Sementara lulusan dengan bidang peminatan statistika sosial dan kependudukan memiliki keunggulan dalam menerapkan kaidah-kaidah statistika untuk melaksanakan kegiatan statistik (pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data statistik) untuk bidang statistik sosial dan kependudukan.

Di antaranya proyeksi penduduk, kemiskinan, pengangguran, kerawanan sosial, kondisi kesehatan, sanitasi dan lingkungan, serta penyusunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Prodi D-4 Komputasi Statistik

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 4241/SK/BAN-PT/Akred/ST/VII/2020, Program Studi D-4 Komputasi Statistik terakreditasi dengan peringkat Terakreditasi B.

Pengguna utama lulusan Prodi D4 Komputasi Statistik adalah BPS dengan profesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki pemahaman ilmu statistik dan komputasi statistik untuk mendukung sistem perstatistikan nasional dan internasional, baik statistik dasar, statistik sektoral, maupun statistik khusus.

Setelah lulus mahasiswa akan diangkat menjadi CPNS di BPS dan akan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS Provinsi maupun BPS Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia atau akan ditempatkan di kementerian/lembaga lain sesuai dengan penempatannya setelah lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *