Headline Kuliah

Jurusan Saintek yang Dilirik BUMN, Pertamina Butuh Lulusan Apa Ya?

EDUVUL.COM- Bekerja di perusahaan milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan impian banyak lulusan perguruan tinggi. Karena itu banyak yang sudah mempersiapkan diri sejak masa sekolah menengah.

Nah bagi kamu yang sementara menimbang-nimbang akan memilih kuliah di jurusan mana, ternyata ada loh jurusan saintek yang banyak dilirik perusahaan BUMN. Apa saja ya?

Seperti diketahui, ribuan orang memperebutkan formasi-formasi yang dibuka berbagai macam BUMN dari berbagai sektor mulai perbankan, telekomunikasi, infrastruktur, farmasi, pertambangan, dan lain-lain.

BUMN masih favorit para pencari kerja karena pegawai BUMN memperoleh berbagai fasilitas dan pendapatan yang lebih baik dibandingkan bidang kerja lainnya.

Faktanya, ada banyak orang yang sudah mempertimbangkan jenjang studi yang akan diambil agar setelah lulus mereka bisa langsung bekerja di BUMN.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Tanpa Syarat Tinggi Badan, Kuliah Gratis Lulus Jadi PNS

Baca juga: Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, Formasi Ini yang Diprioritaskan Pemerintah

Jenjang studi dalam bidang sains memiliki banyak peluang bagi lulusannya untuk bekerja di BUMN. Baik itu lulusan program D3, D4, maupun S1, mereka semua akan diincar oleh BUMN.

Tahun 2022, BUMN sudah melakukan rekrutmen pada awal Desember. Bagi mereka yang ketinggalan mengikuti rekrutmen BUMN dan merupakan lulusan jurusan sains, mereka masih bisa mencoba mendaftar pada rekrutmen selanjutnya pada tahun 2023.

Namun, bagi Anda yang masih ragu tentang jenjang studi yang akan diambil, tetapi ingin bekerja di BUMN setelah lulus, berikut adalah beberapa jenjang studi sains yang memiliki prospek kerja yang baik di BUMN.

Jurusan Saintek yang Banyak Dilirik BUMN

Teknik Informatika

Menurut buku Trik Lolos Ujian PTN karya Jahen F. Rezki (2008), jurusan teknik informatika memiliki banyak peluang karena banyak BUMN yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan ini.

Hal ini dikarenakan saat ini banyak sistem yang berjalan melalui komputer sehingga tenaga ahli di bidang IT dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan.

Contoh perusahaan BUMN yang membuka lowongan bagi lulusan teknik informatika antara lain PT Telkom, PT Sucofindo, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Negara Indonesia, PT Pertamina, dan lain-lain.

Baca juga: Apa Itu Jalur SNBP-Peminatan ITB 2023? Ini Prodi dan Cara Daftarnya

Kimia

Menurut buku Profil Jurusan Kuliah di PTN Seri Ilmu-Ilmu Dasar karya Ronggo Priambodo (2021), lulusan jurusan kimia memiliki potensi besar untuk bekerja di perusahaan BUMN.

Hal ini dikarenakan kimia saat ini merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia dan banyak perusahaan yang berfokus pada bidang ini, mulai dari obat hingga bahan industri.

Contoh perusahaan BUMN yang berkecimpung dalam bidang kimia antara lain PT Kimia Farma Tbk dan PT Bio Farma.

Teknik Pertambangan

Perusahaan BUMN di bidang pertambangan sangat menarik bagi banyak orang karena menawarkan gaji yang tinggi dan menjanjikan karier yang stabil. Dalam bidang ini, lulusan akan mempelajari tentang proses eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan mineral berharga seperti minyak bumi dan batu bara.

Beberapa perusahaan BUMN yang membuka peluang kerja bagi lulusan teknik pertambangan antara lain PT Pertamina dan PT Indonesia Asahan Aluminium. Kedua perusahaan ini memberikan kesempatan bagi lulusan untuk berkontribusi dalam sektor energi dan pertambangan nasional.

Namun, selain perusahaan BUMN, ada juga beberapa perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga ahli di bidang teknik pertambangan. Maka dari itu, lulusan teknik pertambangan memiliki banyak pilihan untuk menentukan jalur karier yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Dengan memahami proses eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan mineral berharga, lulusan teknik pertambangan dapat memberikan sumbangan yang signifikan bagi pembangunan industri pertambangan dan energi di Indonesia.

Menjadi seorang profesional di bidang teknik pertambangan membutuhkan komitmen dan dedikasi yang tinggi, serta kemampuan untuk bekerja dalam tim dan memecahkan masalah secara efektif. Jika Anda memiliki minat dan bakat dalam bidang ini, maka bidang teknik pertambangan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Contoh perusahaan BUMN yang terbuka untuk lulusan teknik pertambangan antara lain PT Pertamina dan PT Indonesia Asahan Aluminium.

Dengan mempelajari salah satu dari jurusan saintek di atas, Anda akan memiliki peluang yang baik dilirik BUMN.

Pastikan juga untuk mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari meningkatkan soft skills selama masa kuliah, membangun jejaring, dan memahami proses rekrutmen BUMN.

Jangan ragu untuk memulai perjalanan kamu menuju impian bekerja di BUMN. Siapkan diri dan pastikan untuk berusaha sebaik mungkin agar mimpi tersebut menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *