Headline Kuliah

Jurusan dan Persyaratan Masuk STAN, Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia

EDUVUL.COM- Sudah tahu jurusan dan persyaratan masuk STAN? Informasi ini sangat penting bagi EDUVULIAN yang berminat masuk sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun ini. PKN STAN adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi yang didirikan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Dikutip dari situs web Kemenkeu, Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan.

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan dengan peminat tertinggi pada 2022 lalu. Tak hanya pendaftar terbanyak, kampus ini dikenal dengan tingkat keketatan yang sangat tinggi. Bayangkan saja peminatnya 35.409 dengan kuota 750 kursi mahasiswa.

Tidak mengherankan sih, pasalnya kuliah di kampus STAN tidak dipungut biaya, tapi mahasiswanya tidak diberikan uang saku. Lulusan STAN mendapat jaminan diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dengan wilayah kerja dari Sabang sampai Merauke.

Syarat Pendaftaran STAN

PKN STAN belum mengeluarkan syarat pendaftaran untuk tahun 2023. Pengumuman resmi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN tahun 2023 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2023 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian PAN-RB.

Namun berkaca dari tahun sebelumnya dikutip dari Pengumuman Nomor PENG-59/PKN/2022 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Prodi DIV PKN STAN Tahun 2022 berikut persyaratannya:

1. Calon lulusan pada tahun penerimaan dan maksimal lulusan dua tahun sebelumnya semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta

a. lulusan dua tahun sebelum tahun penerimaan, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

b. calon lulusan tahun penerimaan, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September pada tahun penerimaan adalah 21 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September pada tahun penerimaan adalah 15 tahun.

4. Telah mendaftar untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)

5. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan batas tertentu.

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
a. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
b. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:
1) telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
2) memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
3) mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat

 

Jurusan STAN

Masih dari sumber yang sama, pada 2022 lalu PKN STAN membuka formasi untuk 750 orang. Formasi ini dibagi untuk 3 jurusan STAN yakni Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Diploma IV Manajemen Aset Publik.

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik

Diterima 300 orang dibagi atas 280 orang program reguler, afirmasi Papua 4 orang, afirmasi Papua Barat 4 orang, afirmasi Maluku 4 orang, afirmasi Maluku Utara 4 orang, dan afirmasi NTT 4 orang.

  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara

Diterima 350 orang dibagi atas 330 orang program reguler, afirmasi Papua 4 orang, afirmasi Papua Barat 4 orang, afirmasi Maluku 4 orang, afirmasi Maluku Utara 4 orang, dan afirmasi NTT 4 orang

  • Diploma IV Manajemen Aset Publik

PKN STAN menerima 100 orang dengan rincian 90 orang program reguler, afirmasi Papua 2 orang, afirmasi Papua Barat 2 orang, afirmasi Maluku 2 orang, afirmasi Maluku Utara 2 orang, dan afirmasi NTT 2 orang.

  • Diploma III Akuntansi

  • Diploma III Pajak

  • Diploma III PBB/Penilai

  • Diploma III Kepabeanan dan Cukai

  • Diploma III Kebendaharaan Negara

  • Diploma III Manajemen Aset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *