Headline Pustaka

Hewan Axolotl yang Lucu dan Unik, Masuk Golongan Amfibi atau Ikan Ya?

EDUVUL.COM-  Hewan axolotl dengan nama ilmiah Ambystoma mexicanum kini semakin populer sebagai hewan peliharaan. Mereka diminati karena ukurannya yang mungil dan wajahnya yang selalu terlihat senyum.

Hewan ini, juga dikenal sebagai “ikan berjalan Meksiko,” adalah amfibi asli perairan di sekitar Mexico City. Nama “Axolotl” berasal dari bahasa Aztec dan berarti “anjing air” atau “monster air.” 

Mereka memiliki tubuh panjang dengan kaki pendek dan ekor. Selama bergerak di air, mereka menggunakan insang luar yang berbulu yang bergetar.

Karakteristik unik hewan axolotl termasuk memiliki empat jari di kaki depan dan lima jari di kaki belakang dengan panjang tubuh dapat mencapai 18 inci (45 cm), meskipun biasanya tumbuh hingga sekitar 9 inci (23 cm) dalam kondisi umum. 

Baca juga: Aneh tapi Nyata, Hewan-hewan Ini Bisa Tidur Sangat Singkat

Baca juga: Perkenalkan Christian, Ilmuwan Muda Asal Indonesia di Penelitian Foto Black Hole

Hewan ini memiliki warna gelap dengan bintik-bintik kehijauan yang mungkin di beberapa bagian memiliki kilauan keperakan pada kulitnya.

Dikutip dari laman San Diego Zoo Wildlife Alliance, tubuh axolotl terlihat lebar dan datar, dengan kepala yang besar dan insang berbulu yang khas yang bergerak lembut dalam air. 

Mulutnya sering terlihat menyeringai tipis atau ekspresif. Matanya bulat dan gelap, dengan iris yang berwarna kuning-warni yang memperhatikan sekelilingnya yang keruh. Axolotl memiliki anggota tubuh yang menyerupai kadal, memungkinkannya untuk menjelajahi dasar danau dengan baik. 

Meski ukurannya cukup besar, berat tubuhnya sekitar setara dengan sebuah kaleng sup. Dalam situasi darurat, axolotl dapat bergerak dengan kecepatan mencapai 10 mil per jam (sekitar 15 kilometer per jam).

Salah satu hal yang membuat Axolotl istimewa adalah kemampuannya untuk tetap dalam bentuk larva sepanjang hidupnya. Sementara amfibi lainnya tumbuh dewasa dan meninggalkan air untuk hidup di daratan, Axolotl tetap dalam bentuk larva sepanjang hidupnya.

Meskipun Axolotl tinggal di air sepanjang hidupnya, mereka sebenarnya bukan ikan. Mereka termasuk dalam kategori amfibi dan memiliki banyak karakteristik yang berbeda dari ikan, seperti pernapasan dan reproduksi.

Sejumlah individu axolotl akan mengalami proses pertumbuhan dan meninggalkan lingkungan air untuk hidup di darat. Pada tahap ini, mereka dikenal sebagai Salamander Meksiko.

Secara alamiah, di habitat aslinya, axolotl merupakan predator puncak. Meskipun tidak mengancam manusia, mereka aktif memburu cacing, berudu, serangga, dan beberapa jenis ikan yang ada dalam lingkungan mereka.

Penting untuk dicatat bahwa axolotl dikenal karena perilaku agresif terhadap sesama mereka. Ketika dua axolotl berada dalam wilayah yang sama, mereka mungkin akan saling menyerang dengan menggigit bagian tubuh seperti insang, kaki, dan ekor.

Salah satu ciri khas yang unik dari hewan axolotl adalah kemampuan regenerasi tubuh yang luar biasa. Mereka dapat meregenerasi banyak bagian tubuh, termasuk jantung dan organ lainnya.

Namun, populasi axolotl terbatas pada habitat alami yang sangat terbatas, yaitu danau-danau di sekitar Mexico City. Sayangnya, aktivitas manusia telah menyebabkan degradasi habitat mereka dan mengancam kelangsungan hidup mereka.

1 Comment

  • Ink 01/10/2023

    Di Indo harga brp ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *