Gawe Headline

Buku Pelaut Online: Cara Buat Akun dan Permohonan Pengajuan

EDUVUL.COM- Buku Pelaut adalah dokumen resmi negara yang berisi catatan atau rekam jejak (track record) seorang pelaut. Kini, telah tersedia Buku Pelaut Online yang bisa diakses dari berbagai tempat yang terkoneksi internet. 

Buku Pelaut atau Seaman’s Book ini diberikan kepada pelaut yang memiliki sertifikat keahlian pelaut atau sertifikat keterampilan pelaut serta taruna yang akan praktik berlayar di kapal.

Nah, untuk pembuatan buku pelaut juga sudah berbasis online loh, jadi gampang banget

Cara Buat Akun Buku Pelaut Online

Pembuatan akun untuk pembuatan buku pelaut online melalui https://dokumenpelaut.dephub.go.id/portal. Setelah itu, klik pilihan Buku Pelaut atau Seaman’s Book. Klik pilihan Pelaut/Sailor kemudian Buat Akun.

Baca juga: Cara Cek Sertifikat Pelaut, Mudah dan Disertai Foto Petunjuk

Baca juga: Cara Menyimpan Ijazah dan Sertifikat, Stop Laminating Tapi Enkapsulasi Saja

Pembuatan akun ini akan membutuhkan data-data seperti Kode Pelaut, Tanggal Lahir, Nomor HP, dan alamat email. Isi data tersebut pada kolom yang tersedia. Verifikasi akan masuk pada email yang didaftarkan.

Setelah memiliki akun buku pelaut online, untuk mendapat Buku Pelaut maka EDUVULIAN harus membuat pengajuan permohonan. 

Cara Pengajuan Permohonan Buku Pelaut Online

Tampilan Buku Pelaut Online

 

  • Klik Ikon Pelaut (Seamans);
  • Tunggu sampai muncul halaman seperti gambar di bawah ini:
Tampilan Buku Pelaut Online

 

  • Isikan username dan password pada kolom yang tersedia, klik pada kotak i’m not a robot sampai muncul tanda centang, kemudian klik tombol login.
  • Apabila belum registrasi/belum memiliki akun agar klik link buat akun untuk membuat akun baru (lihat panduan buat akun baru di atas)
  • Bila login berhasil maka akan muncul halaman utama/Dashboard
  • Buka Menu Permohonan -> Klik Sub Menu Buku Pelaut
  • Klik tombol Buat Permohonan.

Untuk memulai permohonan buku pelaut, akan ada 3 step/langkah yang harus dilaksanakan dalam permohonan buku pelaut online ini :

Step 1. Identitas Pelaut

Pada step 1. Bagian sebelah kiri berisi data pelaut yang diambil dari data sertifikat pelaut yang telah terdaftar pada sistem database sertifikasi yang meliputi : kode pelaut, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, kebangsaan dan gender. Data tersebut tidak bisa diubah.

Pada bagian  sebelah kanan berisi form isian/pilihan warna rambut, warna mata, tinggi badan, warna kulit, golongan darah, dan alamat. Isikan data dengan benar menggunakan referensi dokumen kependudukan/dokumen kepelautan karena data tersebut akan tercetak pada buku pelaut anda.

Data Golongan darah mengambil data dari hasil pemeriksaan kesehatan. Data alamat agar diisi dengan lengkap sesuai domisili dalam KTP (kartu tanda penduduk) Klik Next apabila sudah selesai mengisi identitas, kemudian akan berlanjut pada Step 2.

Step 2. Ijazah / Sertifikat

Pada step 2. Menampilkan data Ijazah/Sertifikat yang dimiliki oleh pelaut ybs yang diambil dari data sertifikat pelaut yang telah terdaftar pada sistem database sertifikasi yang meliputi Sertifikat Keterampilab BST (Basic Safety Training) Dan Sertifikat Keahlian Pelaut/Ijazah Laut yang terakhir.

Pastikan data sertifikat dan ijazah anda benar (tempat dan tanggal penerbitan) klik Next untuk tahapan selanjutnya.

Step 3 Cetak

Pada step 3. Pelaut bisa memilih tempat cetak buku pelaut di beberapa Kantor Syahbandar/Atase Perhubungan (di Luar Negeri). Kemudian klik kotak i’am not a robot sampai keluar tanda centang lalu klik tombol finish.

  • Kemudian klik Cetak Permohonan (pastikan komputer sudah terhubung dengan perangkat printer yang sudah on) sehingga akan keluar bukti cetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *