Headline Pustaka

Belajar Bahasa Korea Penting Nggak? Ini Tips dan Keuntungannya

EDUVUL.COM- Belajar bahasa Korea bisa jadi aktivitas tambahan yang patut Eduvulian perhitungkan. Pasalnya, bahasa dari negara ginseng ini semakin populer di dunia, terutama di kalangan generasi muda. 

Hal ini disebabkan oleh penyebaran budaya pop Korea, seperti K-pop, K-drama, dan K-beauty. Di Indonesia sendiri, industri hiburan Korea menjadi favorit di kalangan generasi milenial. Bahkan, banyak anak muda sekarang menggunakan bahasa Korea dasar dalam percakapan sehari-hari mereka.

Belum lagi geliat sejumlah perusahaan Korsel yang melakukan investasi di Indonesia. Perlu diketahui sejumlah perusahaan besar dari Korsel menanamkan modal di bidang elektronik, baja, besi, petrokimia, dan industri kendaraan bermotor.

Baca juga: UMR Adalah Gaji Bulanan Terendah, Ini Bedanya dengan UMK dan UMP

Baca juga: Aneh tapi Nyata, Hewan-hewan Ini Bisa Tidur Sangat Singkat

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Korea, artikel berikut akan membahas cara dan langkah awal belajar bahasa Korea.

Tips Belajar Bahasa Korea

Mempelajari Alfabet Korea (Hangul)

Alfabet Korea adalah sistem penulisan yang digunakan untuk menulis bahasa Korea. Hangul terdiri dari 24 karakter, yaitu 14 konsonan dan 10 vokal. Karakter-karakter ini disusun dalam blok-blok yang disebut jamo.

Hangul dirancang oleh Raja Sejong yang Agung pada abad ke-15. Tujuannya adalah untuk menciptakan sistem penulisan yang mudah dipelajari dan digunakan oleh semua orang, terlepas dari status sosialnya.

Hangul adalah sistem penulisan yang sangat logis dan sistematis. Setiap karakter Hangul mewakili satu suara. Hal ini membuat Hangul relatif mudah dipelajari bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan bahasa Korea.

Jika Anda ingin belajar bahasa Korea, maka Anda harus mempelajari Hangul terlebih dahulu. Anda dapat menemukan banyak sumber daya yang dapat membantu Anda belajar Hangul, seperti buku, situs web, dan aplikasi.

Daftar huruf konsonan dan vokal Hangul:

  • Konsonan alfabet Korea Hangul
  1. ㄴ (nieun): bunyinya seperti huruf n
  2. ㄹ (rieul): bunyinya seperti huruf l atau r
  3. ㄱ (giyeok): bunyinya seperti huruf g, tapi keras
  4. ㄷ (digeut): bunyinya seperti huruf d
  5. ㅁ (mieum): bunyinya seperti huruf m
  6. ㅂ (bieup): bunyinya seperti huruf b atau p
  7. ㅈ (jieut): bunyinya seperti huruf j
  8. ㅎ (hieut): bunyinya seperti huruf h
  9. ㅅ (shiot): bunyinya seperti huruf s atau seperti sh
  10. ㅌ (Thieut): bunyinya seperti huruf t
  11. ㅇ (Ieung): bunyinya seperti ng
  12. ㅋ (Khieuk): bunyinya seperti k+h
  13. ㅊ (Ch’ieut): bunyinya seperti huruf ch+t
  14. ㅍ (Phieup): bunyinya seperti huruf p

Setiap konsonan di atas juga dapat digabungkan untuk membentuk konsonan baru. Bentuk gabungan adalah:

  1. ㄱㄱ: (inisial) kk, (latin) k
  2. ㄷㄷ: (inisial) tt
  3. ㅂㅂ: (inisial) pp
  4. ㅅㅅ: (inisial) ss, (latin) t
  5. ㅈㅈ: (inisial) jj
  • Vokal Alfabet Korea Hangul
  1. ㅏ: bunyinya “a”
  2. ㅑ: bunyinya “ya”
  3. ㅓ: bunyinya “eo”
  4. ㅕ: bunyinya “yeo”
  5. ㅣ : bunyinya “i” (ee)
  6.  ㅗ : bunyinya “o”
  7.  ㅛ : bunyinya “yo”
  8.  ㅜ : bunyinya “u” (woo)
  9.  ㅠ: bunyinya “yu” (yoo)
  10.  ㅡ : bunyinya “eu” (seperti “eu” dalam bahasa Sunda)

Mempelajari Kata-kata Dasar Bahasa Korea

Setelah mempelajari alfabet Korea, langkah selanjutnya adalah menambah kosakata. Anda dapat melakukannya dengan menetapkan tujuan untuk diri sendiri dan menghafal sejumlah kata per hari atau per minggu.

Mulailah dengan mempelajari kosakata yang paling umum digunakan dalam situasi sehari-hari. Kata-kata untuk menyapa, meminta bantuan, berbelanja, makan di restoran, dan lainnya akan sangat membantu Anda saat berinteraksi dengan penutur asli.

Nah, berikut beberapa kosakata dasar yang harus kamu ketahui:

  • 안녕하세요 (annyeonghaseyo) artinya: halo
  • 너 (neo) artinya: kamu
  • 네 dibaca ‘ne’ artinya: iya, ya
  • 아니요 (aniyo) artinya: tidak/bukan
  • 안녕 하세요 (annyeong haseyo) artinya: apa kabar?
  • 맛있다 (mas-issda) artinya: enak
  • 잘 지내습니다 (chal chinaeseumnida) artinya: kabar baik
  • 어서 오세요 (eoseo oseyo) artinya: selamat datang
  • 또 만납시다 (tto manapsida) artinya: sampai bertemu lagi (formal)
  • 이름이 뭐예요? (ileum-i mwoyeyo?) artinya: siapa namamu?
  • 너 어디서? (neo eodiseo?) artinya: di maana kamu sekarang?, kamu ada di mana?
  • 식사하셨나요? (sigsahasyeossnayo?) artinya: apa kamu sudah makan?
  • 축하합니다 ! (chukhahamnida) artinya: selamat!
  • 축하해 (chukkae) artinya: selamat (informal)
  • 사랑해요 (saranghaeyo) artinya: aku cinta kamu, I love you
  • 사랑해 (saranghae) artinya: aku mencintaimu
  • 감사합니다 (kamsahamnida) artinya: terima kasih
  • 천만에요 (cheonmaneyo) artinya: sama-sama
  • 고마워 (gomawo) artinya: terima kasih (informal)

Belajar Kosakata Bahasa Korea

Untuk belajar kosakata bahasa Korea, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, Anda perlu mempelajari kata-kata yang paling umum digunakan. Anda dapat menemukan daftar kata-kata yang paling umum digunakan di buku, situs web, atau aplikasi. 

Kedua, Anda perlu berlatih menggunakan kosakata yang telah Anda pelajari. Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar kata-kata, membuat flashcard, atau mempraktikkannya dalam percakapan. Ketiga, Anda perlu memahami tata bahasa bahasa Korea. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana kata-kata dihubungkan satu sama lain untuk membentuk kalimat.

Menyusun Kalimat dalam Bahasa Korea

Setelah mempelajari beberapa aturan tata bahasa dasar, Anda dapat mulai mencoba menyusun kalimat dalam bahasa Korea. Kata-kata dalam bahasa Korea sudah cukup bagi Anda untuk membuat kalimat jika Anda mengetahui beberapa aturan tata bahasa dasar.

Misalnya, setelah mempelajari cara menulis kalimat dengan cara yang formal, cobalah membuat lebih banyak kalimat dengan pola yang sama.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun kalimat dalam bahasa Korea:

  • Pelajari aturan tata bahasa dasar. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana kata-kata dihubungkan satu sama lain untuk membentuk kalimat.
  • Berlatih membuat kalimat. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan menyusun kalimat dalam bahasa Korea.

Berlatih Berbicara dan Mendengar

Selain menulis, penting juga untuk terlibat dalam latihan berbicara dan mendengar sejak awal. Anda dapat melakukannya dengan berbicara dengan penutur asli jika memungkinkan, atau menggunakan sumber daya online yang menyediakan dialog dan latihan berbicara. Anda juga dapat mendengarkan musik, menonton film atau acara TV dalam bahasa Korea untuk membantu Anda mengenali irama dan intonasi bahasa.

Berlatih Menulis dalam Bahasa Korea

Cara terbaik untuk meningkatkan tulisan tangan bahasa Korea Anda adalah dengan berlatih secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan lembar blok yang longgar. Lembaran blok yang longgar akan membantu Anda membentuk huruf-huruf bahasa Korea dengan lebih baik. Selain itu, berlatih menulis dengan lembar blok yang longgar akan membantu Anda mengingat posisi setiap huruf dengan lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk berlatih menulis dalam bahasa Korea:

  • Gunakan lembar blok yang longgar. Lembaran blok yang longgar akan membantu Anda membentuk huruf-huruf bahasa Korea dengan lebih baik.
  • Berlatihlah secara rutin. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik tulisan tangan bahasa Korea Anda akan menjadi.

Belajar Bahasa Korea dengan Video YouTube

YouTube adalah sumber yang bagus untuk belajar bahasa baru. Ada banyak channel yang menawarkan tutorial bahasa Korea, baik gratis maupun berbayar. Video-video ini biasanya dikemas dengan cara yang menarik dan interaktif, sehingga belajar bahasa Korea menjadi lebih menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk belajar bahasa Korea dengan video YouTube:

  • Pilih channel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak channel yang menawarkan tutorial bahasa Korea, jadi pastikan Anda memilih channel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin belajar bahasa Korea dasar, Anda dapat memilih channel yang menawarkan kursus bahasa Korea dasar.
  • Tonton video secara rutin. Semakin sering Anda menonton video, semakin cepat Anda akan belajar.
  • Berlatihlah apa yang Anda pelajari. Setelah menonton video, berlatihlah apa yang Anda pelajari dengan cara berbicara, menulis, atau membaca.

Pelajari Budaya Korea

Mempelajari budaya Korea merupakan hal yang penting saat belajar bahasa Korea. Ini akan membantu Anda memahami lebih dalam tentang cara komunikasi, adat istiadat, dan konteks sosial dalam percakapan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempelajari budaya Korea:

  • Baca buku dan artikel tentang Korea. Ada banyak buku dan artikel yang tersedia tentang budaya Korea. Anda dapat menemukannya di perpustakaan, toko buku, atau situs web.
  • Tonton film dan drama Korea. Film dan drama Korea dapat menjadi cara yang bagus untuk mempelajari budaya Korea. Anda dapat melihat bagaimana orang Korea berinteraksi satu sama lain, apa yang mereka sukai, dan apa yang tidak mereka sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *