Headline Pustaka

Anak Usia di Bawah 6 Tahun Bisa Ikut PPDB SD, Asal…

EDUVUL.COM- Pendaftaran penerimaan peserta didik baru untuk jenjang sekolah dasar atau PPDB SD akan segera dibuka. Namun, orang tua calon siswa harus memperhatikan batas usia yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk bisa mendaftar.

Batas usia minimal anak masuk SD telah diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 yang diteken Menteri Nadiem Makarim.

Menurut aturan tersebut, calon peserta didik baru (CPDB) kelas 1 SD harus berusia 7 tahun atau minimal 6 tahun pada 1 Juli di tahun berjalan.

Meskipun begitu, pemerintah juga menetapkan pengecualian bagi calon peserta didik baru yang belum mencapai batas usia minimal tersebut.

Baca juga: Bisa Daftar 2 Sekolah Kedinasan Sekaligus? Cek Kembali Syarat Daftar

Baca juga: Doa Qunut Subuh Sendiri Lengkap Latin dan Terjemahan

Aturan tersebut memperbolehkan anak yang berusia 5 tahun 6 bulan untuk mendaftar dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD.

Namun, hal ini masih harus memperhatikan ketentuan-ketentuan tertentu. Nah apa saja ketentuan tersebut?


Ketentuan Anak Usia 5 Tahun Boleh Ikut PPDB SD

  • Anak berusia 5 tahun 6 bulan per 1 Juli diperbolehkan mengikuti PPDB SD. Dengan catatan, anak tersebut memiliki kecerdasan atau bakat istimewa dan sudah siap secara psikis.
  • Bakat dan kesiapan psikis tersebut harus dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. 
  • Dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan. 

Batas Usia Anak Masuk SD


1. Calon peserta didik baru kelas 1 SD harus memenuhi persyaratan usia 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

2. Dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 SD yang berusia 7 tahun.

3. Persyaratan usia paling rendah sebagaimana dimaksud pada poin 1 dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 tahun 6 bulan pada 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.

4. Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis harus dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

5. Bila tidak ada psikolog profesional, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.

6. Persyaratan usia dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.

7. Persyaratan usia tidak berlaku untuk sekolah pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Jadi, sebelum mendaftarkan anak di PPDB SD, para orang tua harus memeriksa batas usia yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan memenuhi persyaratan yang telah diatur oleh sekolah. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan para siswa dapat memperoleh pendidikan yang sesuai dengan usia dan perkembangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *