Headline Kuliah

Alasan SNBP 2023 Pakai Nilai Rata-rata Semua Mapel, Untungkan Camaba?

EDUVUL.COM- Hai Eduvulian, ada yang berbeda loh dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2023 yang merupakan jalur prestasi masuk perguruan tinggi (PTN) 2023 secara nasional dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memutuskan SNBP memperhitungkan nilai rata-rata semua mata pelajaran dalam salah satu komponen seleksi, bukan nilai mata pelajaran tertentu saja.

Seperti diketahui, tahun-tahun sebelumnya jalur prestasi dengan nama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN memisahkan calon mahasiswa berdasarkan jurusan di asal sekolahnya.

Baca Juga: Keketatan Jurusan Undip 2022 S1, Acuan Ikut SNBP dan SNBT 2023

Contoh, siswa IPA akan diseleksi berdasarkan nilai Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
Adapun siswa IPS akan diseleksi berdasarkan nilai Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Lalu Eduvulian mau tahu apa alasannya semua nilai mapel dipakai? Kemendikbudristek mengungkapkan tujuan nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran menjadi komponen seleksi SNBP 2023 yaitu agar siswa terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara menyeluruh.

“(Sebelumnya di SNMPTN), hanya pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi sehingga mata pelajaran lain dianggap tidak penting dan fokus pembelajaran tidak menyeluruh,” jelas Kemendikbudristek dalam akun resminya, @kemdikbud.ri yang dikutip EDUVUL Senin (30/1/2023). “Bagaimana pun, seluruh mata pelajaran penting untuk mendukung minat dan bakatmu. Jadi, tetapi semangat belajar, ya.” 

Baca Juga: Seleksi CPNS 2023 Bakal Dibuka Juni, Siap-siap Gaes

Lebih lanjut, pilihan prodi di jalur seleksi tahun sebelumnya juga dibatasi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah, sehingga siswa tidak punya kesempatan mengeksplorasi hal-hal lain di luar jurusannya.

Sementara itu, siswa di SNBP kini bisa lintas jurusan atau memilih prodi apa saja sesuai minatnya. Mendukung kebijakan ini, berikut sejumlah ketentuan seleksi di SNBP 2023:

 

Seleksi di SNBP 2023 

  • Tersedia prodi tujuan S1, D4, dan D3 di SNBP 2023.
  • Komponen penilaian SNBP 2023 terdiri dari:
    1) nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran (bobot minimal 50 persen)
    2) komponen penggali minat dan bakat (bobot maksimal 50 persen), terdiri dari
    – Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung
    – Prestasi
    – Portofolio (untuk tujuan prodi seni dan olahraga).
  • Mata pelajaran (mapel) pendukung setiap prodi pilihan di SNBP 2023 dapat dilihat di Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 345/M/2022.
  • PTN menentukan komposisi persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100 persen.
  • PTN menentukan sub komponen untuk komponen 2 beserta komposisi persentase bobotnya.
  • Setiap prodi di satu PTN dapat memiliki komposisi persentase komponen 1& 2 serta sub komponen 2 & komposisi persentase yang berbeda.
  • Kriteria dan penetapan hasil kelulusan SNBP 2023 merupakan kewenangan pimpinan PTN.

Sebelumnya Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Mochamad Ashari mengatakan, siswa peserta SNBP 2023 juga dapat mempertimbangkan kecocokan antara keistimewaan diri dan minat diri untuk memilih sebuah prodi.

“Memilih prodi teknik misalnya, komponen utamanya fisika, lalu elektro itu matematika. Itu akan diambil sebagai bagian persentase nilai tadi sehingga Anda agak sedikit kurang matching kalau nggak sesuai. Tetapi tetap ada nilainya. Jadi bila nilai bagus, saat disandingkan (dengan nilai lain) bisa menang, tetapi potensi untuk berhasil adalah orang-orang yang cocok,” ujar Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Eduvulian yang mau sudah siap-siap ikut SNBP 2023, semoga sukses ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *