Headline Pustaka

Beasiswa SMA & Sederajat 2023 dari YBM BRI, Yuk Daftar Gaes

Beasiswa untuk anak SMA calon mahasiswa

EDUVUL.COM- Yayasan Baitul Maal BRILian, Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali membuka program beasiswa sekolah bagi siswa SMA dan setara kelas XI dengan keterbatasan finansial.

Program beasiswa yang dikenal dengan nama YBM BRILiaN Smart Scholarship ini memberikan kesempatan kepada siswa-siswa berprestasi yang kurang mampu secara finansial untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Beasiswa ini sangat penting bagi siswa-siswa yang berjuang dengan keterbatasan finansial, karena memberikan mereka kesempatan yang adil dan setara untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan siswa-siswa yang lebih mampu secara finansial.

Dengan memperoleh beasiswa ini, siswa-siswa tersebut dapat memperoleh tunjangan prestasi, bimbingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN), serta motivasi dan pembinaan kapasitas diri.

Baca juga: KIP Kuliah 2023 Dibuka, Siswa Jangan “Nunda-nunda” buat Daftar

Baca juga: SNBP 2023: Indeks Sekolah Masuk Kategori Informasi Rahasia PTN

Tunjangan prestasi merupakan salah satu komponen penting dari program beasiswa ini. Siswa-siswa yang memperoleh tunjangan prestasi dapat menggunakannya untuk membeli perlengkapan sekolah, buku-buku, dan keperluan belajar lainnya yang mereka butuhkan.

Hal ini sangat membantu siswa-siswa yang kurang mampu secara finansial, karena mereka dapat memperoleh perlengkapan belajar yang sama dengan siswa-siswa yang lebih mampu.

Selain tunjangan prestasi, program beasiswa ini juga memberikan bimbingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Bimbingan ini sangat berguna bagi siswa-siswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, namun tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai proses pendaftaran dan persyaratan masuk PTN.

Dengan bimbingan yang diberikan melalui program beasiswa ini, siswa-siswa dapat memperoleh informasi yang lengkap dan akurat mengenai proses pendaftaran dan persyaratan masuk PTN, sehingga mereka dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi seleksi masuk PTN.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Resmi Dibuka, Cek Syarat dan Jadwalnya!

Selain tunjangan prestasi dan bimbingan masuk PTN, program beasiswa ini juga memberikan motivasi dan pembinaan kapasitas diri kepada siswa-siswa penerima beasiswa.

Motivasi ini sangat penting bagi siswa-siswa yang kurang mampu secara finansial, karena seringkali mereka merasa putus asa dan kurang percaya diri dalam menghadapi tantangan hidup. Dengan motivasi yang diberikan melalui program beasiswa ini, siswa-siswa dapat memperoleh semangat dan inspirasi untuk terus berjuang dan berusaha meraih cita-cita mereka.

Selain motivasi, program beasiswa ini juga memberikan pembinaan kapasitas diri kepada siswa-siswa penerima beasiswa. Pembinaan kapasitas diri ini bertujuan untuk membantu siswa-siswa mengembangkan potensi diri mereka dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.

Hal ini sangat berguna bagi siswa-siswa yang kurang mampu secara finansial, karena seringkali mereka tidak memiliki akses.

Beasiswa SMA dan Sederajat 2023 YBM BRI – Smart Scholarship BRILiaN

Kriteria Pendaftar

  • Warga Negara Indonesia
  • Siswa aktif SMA atau sederajat kelas XI
  • Memiliki potensi akademik baik dan punya dorongan berprestasi tinggi
  • Memiliki keterbatasan finansial

Syarat Pendaftaran

  • Scan/foto Kartu Keluarga (KK) atau surat keterangan tentang susunan keluarga
  • Scan atau foto rapor terakhir
  • Foto rumah tampak depan dan ruang tengah atau ruang keluarga
  • Scan sertifikat atau penghargaan (bila ada)
  • Scan atau foto salah satu dari dokumen berikut:
    – Surat keterangan penghasilan orang tua/wali
    – Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
    – Kartu Peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
    – Kartu Peserta Progam Indonesia Pintar
    – Surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh kepala desa, kepala dusun, instansi tempat orang tua bekerja, atau tokoh masyarakat, serta dapat dibuktikan kebenarannya 

Cara Daftar Beasiswa 

  • Buka laman linktr.ee/rekrutmensmartscholarship
  • Klik Tahap 1: Data Diri
  • Isikan email, klik Lanjut
  • Isikan data diri dan data sekolah, klik Kirim
  • Buka laman linktr.ee/rekrutmensmartscholarship
  • Isikan data diri hingga media sosial, klik Lanjut
  • Isikan data sekolah dan proyeksi kuliah/kerja, klik Lanjut
  • Isikan data orang tua dan yang terkait hingga selesai
  • Klik Kirim

Selengkapnya tentang beasiswa SMA dan sederajat ini dapat dilihat di akun Instagram @ybmbrilian. Pendaftaran dibuka di laman  linktr.ee/rekrutmensmartscholarship. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *